Tuesday, January 30, 2018

Atlantic Road yang Menghubungkan Pulau-pulau Norwegia



Atlantic Road, atau yang juga dikenal dengan Atlantic Ocean Road, adalah sebuah jalur yang dibangun untuk 2 kota di Norwegia, yaitu Kristiansund dan Molde. Kedua kota ini merupakan pusat populasi utama di More og Romsdal, Norwegia Barat.

Atlantic Road merupakan jalanan aspal berkelok-kelok sepanjang 8,3 km. Yang membuat jalanan ini sangat menarik adalah, Atlantic Road dibangun dengan jarak kurang dari 2 meter dari permukaan laut, yang membuat jalanan ini menjadi salah satu jalanan yang paling berbahaya di dunia.


Awalnya, Atlantic Road hendak dibangun sebagai jalur kereta api di awal abad ke-20, sayangnya, pembangunan itu ditinggalkan. Barulah pembangunan jalan dimulai pada 1 Agustus 1983 dan dibuka 6 tahun kemudian pada 7 Juli 1989.


Jalan yang dimulai dari Desa Karvag di Averoy dan berakhir di Viyang di Eida ini memberikan pemandangan yang luar biasa. Selama perjalanan, di jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun, seringkali ombak hebat menerpa pinggiran jalan.



Pemandangan mobil yang diterpa ombak adalah hal biasa. Jalanan sering kali ditutup karena cuaca buruk dan tidak menentu. Dari seluruh jalanan, area Hilvagen Bridges merupakan area yang paling menarkutkan dengan turunan yang curam.


Tetapi tidak hanya untuk kendaraan, beberapa ruas jalan diberikan akses untuk pejalan kaki menyebrang pulau. Di beberapa titik juga terdapat tempat yang diberi nama "The Atlantic Road Viewing Platforms" yang digunakan oleh masyarakat atau turis untuk melihat indahnya jalanan ini.





Baca juga :
1. The Freak Show
2. Terbentuknya Awan Jamur