Thursday, January 25, 2018

Kota yang Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari


Selalu ada fenomena yang menarik di dunia ini. Kali ini sebuah kota yang bernama Rjukan, sebuah kota di Norwegia yang tidak pernah merasakan cahaya matahari. Meski matahari bersinar, kota ini akan tetap gelap.

Kota yang berada di kawasan Telemark, tepatnya di lembah kaki Gunung Gaustatoppen. Kota yang merupakan kota industri ini mendadak menjadi kota wisata. Banyak wisatawan datang karena penasaran akan fenomena yang aneh ini.

Fenomena ini terjadi selama 6 bulan dalam setahun ( sekitar bulan September - Maret ), di saat musim dingin. Sebenarnya, matahari tetap muncul walaupun di musim dingin, tetapi cahaya matahari tetap tidak sampai di kota ini.

Hal ini dikarenakan adanya lereng-lereng curam, dan pegunungan yang mengelilingi kota tersebut. Sehingga pada tahun 1913, pendiri kota Rjukan yang bernama Sam Eyde mempuunyai ide yang cemerlang. Dia berencana membuat cermin raksasa di atas gunung. Tetapi sayangnya hal ini tidak dapat dilakukan karena kurangnya biaya.

Sehingga pada tahun 2013, salah seorang warga yang bekerja di pembangkit hidroelektrik bernama Martin Andersen, membuat 3 cermin berukuran 17m persegi. Cermin yang menggunakan metode heliostat itu diletakkan di atas lereng gunung setinggi 450m.



Heliostat adlah salah satu cara untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan. Tetapi tidak mengkonversikan panas matahari menjadi energi listrik, hanya menafaatkan sinar matahari untuk dipantulkan ke kota.

Dengan dana sekitar 8 Miliar Rupiah yang didapatkan dari sponsor dan bantuan pemerintah, cermin ini dapat menerangi kota hingga 600 meter persegi. Andersen pun mendapatkan penghargaan dari pemerintah setempat.



Sayangnya, pantulan ini masih belum cukup untuk kota Rjukan. Kota yang dihuni oleh sekitar 3.500 penduduk ini tetap mempunyai suasana kota yang gelap seperti malam. Tetapi ini adalah pengalaman untuk untuk para turis yang pergi ke daerah tersebut.




Baca juga :
1. Makam Bawah Tanah di Paris
2. Tempat Paling Dalam di Lapisan Bumi