Tuesday, January 23, 2018

Makam Bawah Tanah di Paris



Katakomba Paris, atau Paris Catacomb dengan nama resmi "l'Ossuaire Municipal"adalah pemakaman bawah tanah yang berlokasi di bawah kota Paris. Ya benar, pemakaman ini berada benar-benar di bawah tanah di selatan gerbang kota. Menampung kurang lebih 6 juta jenazah, jumlah ini lebih banyak daripada penduduk kota Paris. Karena letaknya yang berada di bawah tanah, pemerintah Paris melarang dibangunnya gedung-gedung tinggi di Paris.

Sejak jaman Romawi, para penduduk kota Paris memiliki kebiasaan untuk mengubur jenazah yang meninggal di pinggiran kota, namun hal ini berubah ketika agama Kristen masuk. Praktik penguburan jenasah yang tadinya di pinggir kota berpindah ke tanah suci dan di sekitar gereja-gereja. Pada abad ke 10, pemakaman kota diperluas, bahkan sampai di pusat kota, karena meningkatnya penduduk kota Paris secara drastis.

Masalah lain yang muncul adalah adanya penyebaran penyakit karena tanah-tanah di kota penuh dengan jenasah dan tulang-belulang yang membusuk. Pemerintah pun mencari metode pemakaman yang baru. Sementara di waktu yang bersamaan, kota Paris berdiri di atas sebuah rongga raksasa yang sangat panjang. Rongga ini merupakan tambang batu gipsum yang membentang sepanjang 280km yang membentuk labirin di bawah kota Paris.

Hingga pada Desember 1774, sederetan rumah di sepanjang Avenue de Denvert-Rocheau ambles karena terowongan di bawahnya tidak kuat untuk menahan beban. Akhirnya disepakati pemindahan makan ke sebuah bagian lorong yang diberi nama catacombs. Banyak makan yang digali, dan jenazah yang masih tersisa di dalamnya dipindahkan ke catacombs.

Tidak hanya sebagai makam, tempat ini pernah dipakai oleh keluarga kerajaan untuk kabur di masa Revolusi Perancis. Tentara Perancis pun pernah memakai catacombs sebagai tempat berlindung dari Jerman di masa Perang Dunia 2.

Tempat ini menarik banyak orang untuk memasukinya demi melihat terowongan yang tidak biasa itu. Bagi para wisatawan sendiri, biasanya hanya bisa masuk sekitar 2km saja, dari kedalaman 280km. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena masalah keamanan. yaitu :
  • Tidak dianjurkan untuk anak balita.
  • Terdapat pemandu yang akan memandu turis selama perjalanan.
  • Tidak ada toilet maupun tempat penitipan barang.
  • Banyaknya gang-gang yang tidak boleh dimasuki.
Meskipun di dalam anda akan melihat tengkorak dimana-mana, tidak ada bau yang tidak sedap. Tumpukan tulang-tulang manusia yang tersusun padat dan rapi, tidak sedikit yang membentuk suatu hiasan, menjadikan catacombs sebagai tempat yang menarik sekaligus menyeramkan untuk dikunjungi.








Baca juga :
1. Manusia Terpintar di Dunia
2. The White Death, Penembak Jitu Terhebat di Dunia