Saturday, January 27, 2018

Melawan Api dengan Api



Bagi penggemar band metal, pasti mengenal lagu yang berjudul "Fight Fire With Fire" yang diciptakan oleh bank Metallica. Sebenarnya, judul lagu tersebut adalah sebuah frasa yang sejatinya memang bisa diterapkan di kehidupan nyata.

Ketika berhadapan dengan api yang sangat besar, seperti kebakaran hutan, kita harus berpikir lebih jauh daripada sekedar melawannya dengan air. Api membutuhkan oksigen dan bahan bakar untuk terus menyala. Dengan menghilangkan salah satu, atau bahkan keduanya, maka api tidak akan berlanjut.



Misalnya jika ada kebakaran di sumur minyak, petugas pemadam kebakaran biasanya akan menghilangkan oksiden dari sumur tersebut dengan meledakkan dinamit. Ledakan itu akan memakan semua oksigen lokal, lalu api akan padam. Ketike seluruh hutan terbakar, petugas pemadam kebakaran biasanya akan menghapus bahan bakar yang lain, yaitu menghapus semak-semak dengan cara membakarnya.



Anda dapat mencegah menyebarnya kebakaran dengan menghilangkan bahan-bahan yang mudah terbakar, seperti semak, daun, atau sampah kering. Hal ini sering disebut dengan pembakaran terkontrol. Proses ini menciptakan perluasan kebakaran, atau gap, sehingga mencegah penyebaran kebakaran hutan, proses ini disebut dengan backfire.

Jika kita sedang terkepung di sebuah kebakaran semak atau hutan, kita bisa menyelamatkan diri dengan memakai analogi backfire. Sehingga ketika api kebakaran mencapai api yang kita buat, maka api kebakaran tidak bisa mencapai kita karena bahan bakar untuk mencapai kita sudah habis kita bakar. Teknik ini disebut dengan escape fire.

Teknik escape fire mudah dilakukan di padang rumput, tetapi akan sulit dilakukan jika anda berada di hutan dengan pohon-pohon besar. Karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk membakar pohon-pohon besar. Berbeda dengan api yang mengamuk, mereka akan dengan mudah membakar apa saja, ditambah dengan angin yang cukup cepat untuk memperluas wilayah yang terbakar.





Baca juga :
1. Suara Misterius Di Lautan
2. Uang 200 Juta Membusuk Karena Disimpan di Dalam Tanah