Saturday, January 27, 2018

Menyembuhkan Luka Bakar Menggunakan Kulit Ikan



Maria Ines Candido da Silva merupakan pelayan dari restoran Casa Velha di Russas, timur laut Brasil, mengalami kejadian yang sangat tidak menyenangkan. Pada saat sedang bekerja, sebuah tabung gas meledak di dekatnya sehingga Maria mengalami luka bakar di lengan, leher, dan sebagian wajahnya.

Dokter justru menawari metode pengobatan yang tidak biasa, yaitu menggunakan kulit ikan Tilapia. Meskipun aneh, ia menyetujui tawaran tim dokter untuk menggunakan metode ini. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ini adalah kali pertama dalam sejarah medis dimana menggunakan kulit dari hewan air untuk dijadikan obat luka pada manusia.

Metode ini dikembangkan oleh tim yang dipimpin oleh dr. Odrico Moraes di Nucleus of Research and Development of Medicine di Federal University of Ceara. Tim dokter meyakinkan Maria jika terapi ini tidak menyakitkan seperti terapi penyembuhan luka pada umumnya, dan mudah untuk diaplikasikan.

Maria pun mengaku saat kulitnya ditempeli kulit ikan, rasanya sangat unik dan dingin. Namun lama-kelamaan rasa sakit pada lukanya semaking hilang dan terasa sangat nyaman. Yang sangat mengejutkan adalah, terapi ini tidak menimbulkan bau sama sekali.


Selama 11 hari, kulit ikan Tilapia ini ditempelkan pada lengan kiri, leher, dan sebagian muka Maria. Namun pengobatan dilakukan selama 20 hari pada lengan kirinya, karena lukanya cukup parah. Maria hanya melakukan rawat jalan dan mengecek perbannya tiap 2 kali sehari. Saat kulit ikan dilepas, dokter menggunakan petroleum jelly untk mengangkatnya dari kulit yang sudah sembuh.

Dokter memilih ikan Tilapia karena ikan ini termasuk dalam ikan yang kebal terhadap penyakit. Ikan ini banyak dibudidayakan di peternakan, dan baisanya kulitnya akan dibuang karena hanya akan diambil dagingnya sebagai hidangan restoran. Penelitian kesehatan berhasil menemukan fakta bahwa kulit ikan ini mempunyai kandungan kolagen tipe 1 yang tinggi, dan juga kelembaban yang tinggi sehingga tidak mudah mengering.

Dengan memakai kulit ikan Tilapia, trauma dan rasa sakit yang diderita pasien luka bakar bisa mereda dan kulit ikan ini tidak perlu diganti setiap hari. Kulit ikan Tilapia juga meminimalisir hilangnya plasma, cairan, dan protein dari area yang terkena luka bakar, sehingga menurunkan risiko infeksi.




Baca juga :
1. Fakta Mengenai Blobfish
2. Houdini dari Florida