Tuesday, January 30, 2018

Pasir yang Terbuat Dari Jasad Jutaan Ikan



Salton Sea Beach adalah nama sebuah danau di California, Amerika Serikat. Danau ini terbentuk secara tidak sengaja pada tahun 1905, ketika sebuah kanal irigasi dari Sungai Colorado hancur diterjang hujan deras.

Salton Sea Beach sangat populer pada tahun 1950-an . Danau ini dianggap sebagai suatu keajaiban di padang pasir. Lebih dari setengah juta orang berbondong-bondong ke danau ini setiap tahunnya. Sayangnya, itu hanyalah kejayaan masa lalu. Salton Sea Beach telah dikotori oleh pupuk dan pestisida yang berasal dari lahan pertanian di sekitarnya.



Pada tahun 1970-an, danau ini menjadi tidak bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Garis danaunya bahkan telah dikotori dengan jutaan ikan mati yang berbau busuk.



Bahkan pasir putih yang ada di pinggir danau, sebenarnya bukan pasir. Itu adalah jutaan tulang-tulang ikan yang sudah hancur di tempat tersebut. Warna air yang sebenarnya adalah coklat. Air disini berwarna biru karena pantulan cahaya langit.

Sekarang, tidak ada orang-orang yang ke Salton Sea Beach, hanya beberapa orang yang membuat film dokumenter tentang danau yang dulu sempat terkenal ini. Menurut BBC, bagian terburuknya bukan di air atau pasirnya, tetapi sesuatu yang berada di bagian bawahnya. Pengeringan yang terjadi pada danau dapat melepaskan awan debu beracun ke seluruh California Selatan.




Baca juga :
1. Terbentuknya Awan Jamur
2. Tidal Bore di Sungai Kampar