Sunday, January 21, 2018

Pentingnya Binatang Peliharaan di Kehidupan Manusia



Banyak orang yang mempunyai binatang peliharaan pasti berkata kalau kehadiaran binatang di hidup mereka memberikan banyak kesejahteraan dan kebahagiaan, dan itu telah dibuktikan dengan penelitian yang mendalam. Sebuah studi baru menemukan bahwa kepemilikan anjing berkaitan dengan meningkatnya kesehatan jantung bagi manusia. Hal ini merupakan hal yang baik, mengingat banyaknya orang di dunia yang meninggal karena penyakit jantung.

Sebuah studi yang diberi nama "zona biru" ang berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya umur seseorang dalam 1 dekade. Ternyata, ada 9 faktor yang berpengaruh untuk memperpanjang umur sesesorang, dan 4 dari 9 faktor berkaitan dengan binatang peliharaan. Berikut adalah 4 faktor mengapa memelihara binatang dapat memperpanjang umur seseorang.

1. Tubuh selalu bergerak setiap hari
Jika anda mempunyai anjing, pasti anda akan mengajak anjing anda untuk berjalan-jalan di pagi atau sore hari. Tidak hanya dengan anjing, anda yang memiliki binatang peliharaan lain juga bisa melakukan beberapa permainan dengan binatang peliharaan anda yang memerlukan aktivitas fisik. Tidak hanya itu, anda harus tetap bergerak untuk memberi makan dan minuman kepada binatang peliharaan anda. Hal ini mengurangi waktu untuk duduk yang terlalu lama, yang dapat mempengaruhi kesehatan.

2. Mempunyai tujuan
Ini adalah hal yang paling mudah dipahami, anda mempunyai tujuan untuk bangun pagi. Entah itu untuk memberikan makanan dan minuman kepada binatang peliharaan anda, atau mengajak binatang peliharaan anda jalan-jalan. Tidak hanya mempunyai tujuan, sebuah studi yang mewawancarai orang-orang lansia memberikan hasil bahwa binatang peliharaan mereka melindungi dari percobaan bunuh diri.

3. Mengurangi stress
Ada bukti yang memperlihatkan bahwa interaksi dengan hewan dapat mengurangi stress di diri seseorang. Membelai binatang peliharaan anda dapat menurunkan detak jantung, dan tidur bersama binatang peliharaan dapat memperbaiki kualitas tidur seseorang.

4. Rasa memiliki dan komitmen
Di saat anda memiliki binatang peliharaan, pasti tumbuh suatu hubungan antara pemilik dan binatang peliharaannya. Seseorang akan berusaha menjaga binatangnya, memberikan makanan dan minuman, tempat beristirahat, dan lainnya.

Hewan peliharaan mempunyai peran dalam kesehatan mental seseorang. Kesehatan mental yang lebih baik merupakan kunci dalam meningkatkan harapan hidup seseorang, terutama bagi orang-orang yang mempunyai hubungan sosial yang buruk.

Orang dengan penyakit mental, autisme, dan tunawisma mengatakan bahwa hewan peliharaannya memberikan hubungan yang sederhana, daripada harus berhubungan dengan manusia. Bahkan para lansia mengatakan bahwa hewan peliharaan mengurangi perasaan kesepian.




Baca juga :
1. 40 Jenis Buah dalam 1 Pohon
2. Kejadian Unik yang Tidak Disengaja