Wednesday, January 31, 2018

Pohon Pisang Terbesar di Dunia



Pohon unik ini pertama kali ditemukan oleh warga Papua bernama Jeff Daniells pada tahun 1989. Ketika ditemukan, tanaman pisang yang memliki nama ilmiah Musa Ingens ini membuat kaget banyak orang.



Kepala Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati ( Puslit Kehati ) Universitas Papua, Charly Heatubun mengatakan bahwa pisang raksasa ini merupakan tanaman endemik tanah Papua. Pisang raksasa tumbuh di area pada ketinggian 1.000 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

Buah pisang yang dihasilkan dari pohon raksasa ini tidak seperti ukuran biasanya. Panjangnya bisa mencapai 18 cm dengan diameter 3-4 cm. Jika rata-rata tinggi pohon pisang hanya 2-4 meter saja, Musa Ingens bisa mencapai ketinggian 25 meter. Pohon ini berdiameter 2 meter, dan pelepah daunnya mencapai 5 meter dengan lebar daun 1 meter. Setandan pisang dari Musa ingens bisa mencapai berat 60kg.



Menurut warga sekitar, untuk berkecambah, biji pisang ini membutuhkan waktu sekitar setahun. Setelah menjadi kecambah, tunas akan tumbuh pelan-pelan. Sulitnya menemukan benih pisang jenis ini, yang membuat Musa Ingens sulit untuk dikembangbiakkan.



Dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, pohon ini banyak tumbuh dengan sendirinya. Tetapi agak sulit untuk dibudidayakan di luar Papua karena membutuhkan iklim tropis dan berada di dataran yang tinggi.




Baca juga :
1. Atlantic Road yang Menyambungkan Pulau-pulau Norwegia
2. Pasir yang Terbuat dari Jutaan Jasad Ikan