Friday, January 26, 2018

Suara-suara Misterius di Lautan



Dengan telinga, kita bisa mendengar suara-suara yang ada di sekitar kita. Baik itu suara mesin, orang berbicara, dan bahkan suara hewan. Dari suara, kita bisa memperkirakan jarak dan juga apakah yang mengeluarkan suara tersebut.

Dalam artikel yang akan kita bahas berikutnya ini akan membahas sejumlah suara misterius yang tidak pernah terdengar sebelumnya oleh manusia. Darimana suara itu berasal atau wujud dari benda atau orang yang mengeluarkan suara tersebut.

Upsweep
Suara misterius ini pertama kali didengar pada bulan Agustus 1991. Suara ini sangatlah keras sehingga bisa terdengar di Samudra Pasifik. Sehingga akhirnya pada ilmuwan memutuskan untuk menyelidiki tentang suara misterius ini setiap tahunnya.



Meski telah diteliti, para ilmuwan masih kesulitan untuk menemukan asal mula suara misterius tersebut. Satu hal yang berhasil diperoleh adalah suara ini berasal dari gunung berapi bawah laut. National Oceanic and Atmospheric Administration mengeluarkan hasil bahwa suara tersebut sudah semakin jarang terdengar. karena sudah semakin menurunnya intensitas suara tersebut, peneliti mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi asal dan penyebab munculnya suara tersebut.

Julia
Pada tanggal 1 Maret 1999, terdengar suara yang sangat jelas selama kurang lebih 15 detik di hampir selusuh Samudra Pasifik. Suara ini dinamakan Julia, karena suara yang muncul seperti menyebutkan nama Julia. Suara ini dideteksi dengan menggunakan alat yang dinamakan Autonomous Hydrophone.



Suara yang menyerupai orang tersedak air ini sangat misterius. Tidak diketahui lokasi dan juga wujud yang menyebabkan suara tersebut. Agar tidak muncul spekulasi aneh tentang suara misterius ini. National Oceanic and Atmospheric Administration mengatakan bahwa suara ini hanyalah suara gunung es yang bergerak di dalam air.

The Bloop
Sebuah mikrofon di dalam laut merekam sebuah suara misterius yang menjadi suara misterius paling keras yang pernah didengar. Suara yang disebut dengan Bloop terjadi pada tahun 1997. Asal suara ini juga tidak diketahui.



Diperkirakan, suara ini berasal dari hewan laut yang berukuran sangat besar. Sebuah makhluk yang disebut sebagai Blue Whale sempat diduga sebagai penyebab suara tersebut. Tetapi diketahui bahwa Blue Whale tidak bisa menghasilkan suara sebesar ini. Para peneliti beranggapan bahwa suara tersebut dihasilkan oleh hewan laut yang ukurannya jauh lebih besar dari Blue Whale.




Baca juga :
1. Kota yang Tidak Pernah Terkena Sinar Matahari
2. Fakta Mengenai Blobfish