Thursday, February 22, 2018

9 Lingkaran Setan Dante



Inferno adalah bagian pertama dari 3 bagian Dante's Divine Comedy. Inferno merupakan sebuah puisi yang menceritakan perjalanan Dante melalui neraka, yang dipandu oleh penyair Romawi, Virgil. Puisi yang dibuat pada abad ke 14 menggambarkan neraka menurut penyair.

Cerita ini diawali dengan narator yang tersesat di hutan yang gelap, kemudian diserang 3 binatang buas, sampai akhirnya ia ditolong oleh Virgil yang dikirim oleh Beatrice (Wanita idaman Dante). Bersama-sama, mereka memulai perjalanannya ke dunia bawah, atau 9 Lingkaran Neraka.

Lingkaran Pertama (Limbo)
Lingkaran pertama ditempati oleh orang-orang Kristen yang tidak saleh dan orang-orang yang belum dibaptis yang dihukum selama-lamanya di tempat yang lebih rendah dari surga. Orang-orang tinggal di sebuah kastil dengan 7 pintu yang melambangkan kebajikan.

Lingkaran Kedua (Lust)
Di lingkaran ini, Dante dan Virgil menemui orang-orang yang dikuasai oleh nafsu. Mereka dihukum dengan cara ditiup oleh angin kencang agar tidak dapat beristirahat. Angin kencang melambangkan kegelisahan seseorang karena nafsu duniawi.

Lingkaran Ketiga (Gluttony)
Orang-orang di lingkaran ini dihukum dengan cara berbaring di lumpur yang dihasilkan oleh hujan es yang tidak pernah berakhir. Lumpur melambangkan degradasi seseorang karena terlalu menikmati makanan, minuman, dan kesenangan duniawi lainnya, sedangkan ketidakmampuan untuk melihat orang di sekitar melambangkan egoisme seseorang.

Lingkaran Keempat (Greed)
Di lingkaran ke empat, Dante dan Virgil melihat jiwa-jiwa manusia yang dihukum karena serakah. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok kikir dan kelompok boros, bertarung. Mereka menggunakan barang besar yang didorong memakai dada mereka, yang melambangkan keegoisan mereka terhadap keberuntungan.

Lingkaran Kelima (Anger)
Tempat ini merupakan para pemarah dan orang yang sering mengeluh dihukum. Memakai sebuah perahu dari Phlegyas, Dante dan Virgil melihat orang-orang yang murka berkelahi di atas permukaan sungai, sementara orang-orang cemberut mengeluh di bawahnya.

Lingkaran Keenam (Heresy)
Di lingkaran ini, orang-orang sesat dihukum di makam yang menyala selama-lamanya. Tidak hanya orang-orang yang membuat berita bohong, banyak orang-orang yang secara tidak sengaja menyebarkan berita bohong pun dihukum dis ini.

Lingkaran Ketujuh (Violence)
Lingkaran ini terdiri dari 3 cincin. Cincin pertama berisi orang-orang yang suka melakukan kekerasan kepada orang lain, mereka tenggelam di dalam sungai darah yang mendidih. Cincin kedua berisi orang-orang yang melakukan bunuh diri, menjadi tumbuhan yang dimakan oleh harpy. Sementara cincin ketiga berisi penghujat dan orang yang melakukan kekerasan seksual yang tinggal di padang pasir yang terbakar dan hujan api yang turun dari langit.

Lingkaran Kedelapan (Fraud)
Para penipu dihukum di lingkaran ini. Terbagi ke dalam 10 bagian yang dipisahkan oleh jembatan. Bagian pertama diisi oleh para penggoda, bagian kedua diisi penjilat, ketiga diisi orang-orang yang bersalah atas penipuan, bagian keempat diisi oleh tukang sihir atau nabi palsu, bagian kelima merupakan tempat politisi korup, bagian keenam diisi oleh orang munafik, bagian ketujuh pencuri, bagian kedelapan konselor dan penasehat, bagian kesembilan diisi orang-orang yang memecah belah, dan kesepuluh diisi oleh penipu seperti ilmuwan palsu dan orang yang mengatakan sumpah palsu.

Lingkaran Kesepuluh (Treachery)
Lingkaran ini terdiri dari 4 cincin, yang dinamai sesuai dengan seseorang yang melambangkan dosa tersebut. Cincin pertama bernama Caina (Cain/Kain) yang membunuh saudaranya, Habel. Caina diisi oleh orang-orang yang mengkhianati keluarganya. Cincin kedua bernama Antenora dari Anthenor of Troy yang menjadi kanselir Priam di saat Perang Trojan, diisi oleh orang yang mengkhianati negara. Lingkaran ketiga bernama Ptolomaea dari Prolemy yang mengundang ayah angkat dan anaknya untuk makan malam kemudian membunuhnya, diisi oleh orang yang mengkhianati tamunya. Cincin terakhir bernama Judecca, berasal dari nama Judas, yang berisi orang-orang yang mengkhianati raja.

Di tengah-tengah neraka, terdapat Devil, atau disebut Dis (Dewa Bawah Tanah menurut bangsa Romawi). Dan juga Lucifer, mantan malaikat yang memberontak melawan Tuhan dan diusir dari surga. Mempunyai sosok binatang raksasa yang menderita, terjebak tidak bergerak di lingkaran es. Dia memiliki 3 wajah yang memiliki warna berbeda, yaitu merah (tengah), kuning pucat (kanan), dan hitam (kiri).



Baca juga :
1. Tanaman yang Bertahan Hingga 3000 Tahun
2. Sosialita yang Mengurung Diri di Kamar Hotel Selama 24 Tahun