Wednesday, February 14, 2018

Alasan Bendera Nepal Berbeda Dengan Bendera Lainnya



Mungkin sebagian dari anda penasaran, mengapa bendera Nepal memiliki bentuk yang berbeda dengan bendera-bendera lainnya di dunia. Bendera Nepal berbentuk dari tumpukan dua segitiga, mempunyai warna dasar merah dan tepian biru.

Menurut Graham Bartram, seorang ahli vexilologi, atau ilmu yang mempelajari bendera mengatakan bahwa bentuk segitiga adalah bentuk asli bendera negara-negara Asia Selatan, layaknya bendera Hindu dan Khanda, lambang Sikh. Namun,

Nepal menjadi negara satu-satunya yang tetap memakai bentuk ini karena negara lain telah menyesuaikan dengan standar dunia. Di saat negara-negara di bagian Asia Selatan menyesuaikan bentuk benderanya, Nepal bersikeras untuk mempertahankan bentuk tradisional segitiga.

Bendera sebagai simbol negara memiliki arti khusus. Warna merah yang diadopsi dari warna bunga nasional Nepal yaitu rhododendron, melambangkan kemenangan dan keberanian. Sedangkan warna biru melambangkan kedamaian.

Tetapi banyak teori yang bermunculan untuk bentuk dua buah segitiga pada bendera Nepal. Ada yang mengatakan sebagai lambang pegunungan Himalaya, namun ada juga yang mengatakan sebagai lambang dua keluarga yang memerintah Nepal, yaitu Shahs dan Ranas.


Bendera Nepal mulai resmi dipakai pada tanggal 16 Desember 1962, setelah Prithvi Narayan Shah menyatukan kerajaan-kerajaan di Nepal. Untuk memberikan kesan modern pada benderanya, Nepal menghilangkan gambar wajah pada lambang bulan dan matahari yang ada di tengah benderanya.




Baca juga :
1. Devil Slide, Perosotan Alami di Utah
2. Ombak Berbentuk Persegi