Thursday, February 15, 2018

Bilangan Prima Terbesar Baru Ditemukan



Bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Walaupun angka adalah sesuatu yang tidak terhingga, tetapi banyak ilmuwan tetap berlomba-lomba mencari bilangan prima paling besar yang pernah ada. Maka dari itu, akan selalu ada bilangan prima terbesar.

Bilangan prima dicari karena sering dipakai untuk banyak hal. Bilangan ini bisa dipakai untuk kriptografi atau yang biasa disebut pengiriman pesan rahasia. Kriptografi selalu digunakan di saat kita diminta untuk mengisi kata sandi, dari mulai di ATM hingga masuk ke dalam akun email kita.

Tidak hanya itu saja, bilangan prima juga dipakai untuk enkripsi informasi perbankan, dan juga digunakan oleh spesialis visual efek dalam film.

Bilangan prima yang terbesar ini ditemukan pada bulan Januari 2018. Bilangan ini disingkat menjadi "M77232917" karena memiliki panjang 23.249.425 angka. Bilangan ini dihasilkan dengan cara mengalikan 2 dengan sendirinya sebanyak 77.232.917 kali, kemudian dikurangi 1. Atau dalam istilah matematika ditulis 2^77.232.917-1


Bilangan ini sekitar 1 juta digit lebih panjang dibanding pendahulunya yang ditemukan pada tahun 2016. Bilangan prima ini ditemukan dengan memakai suatu software khusus oleh Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS).

"Setiap bilangan prima baru merupakan perpanjangan dari batas pengetahuan matematika manusia" kata Iain Bethune, seorang ilmuwan dari Hartree Center.



Baca juga :
1. Desa yang Memiliki 1 Ginjal
2. Alasan Bendera Nepal Berbeda Dengan Bendera Lainnya