Wednesday, February 7, 2018

Devil Slide, Perosotan Alami di Utah



Bumi mempunyai tempat-tempat yang sangat menarik yang tersebar di seluruh dunia. Contohnya Stone Forest di Cina, atau Giant Causeway di Irlandia Utara. Seakan-akan alam membuat suatu karya seni yang indah, dan menyebarkannya ke seluruh dunia.

Namun karya seni yang berbeda diciptakan oleh Bumi, sebuah formasi batuan yang bernama Devil's Slide, yang berada di Utah, Amerika Serikat, tidak jauh dari perbatasan Wyoming.



Pertama kali diberitakan pada tahun 1875, Devil's Slide adalah hasil dari proses erosi dan perubahan cuaca yang mempengaruhi lapisan batuan yang berada di tempat tersebut. 2 batuan ini memiliki panjang ratusan kaki, meluncur vertikal di sisi gunung, sementara punya ketinggian 40 kaki. Di antara 2 batuan ini, terdapat ruang seluas sekitar 25 kaki.

Ruang yang bersembunyi di bawah bayang-bayang batuan ini terbuat dari batuan kapur yang lebih rentan terhadap erosi, Karena itu batuan ini terlihat seperti sebuah saluran.

Membutuhkan waktu jutaan tahun untuk Devil's Slide dapat menjadi seperti ini. Ahli geologi telah menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena endapan yang tersimpan di laut purba (sekitar 180 juta tahun lalu) yang sekarang menjadi daerah Utah, Montana, Wyoming, dan Arizona Utara.



Sekitar 75 juta tahun lalu, batuan ini terangkat karena pembentukan gunung, yang menjadikan posisi batuan ini mendekati vertikal. Erosi batu kapur yang berada di antara 2 batuan ini yang secara berkelanjutan membuatnya menjadi seperti saat ini.




Baca juga :
1. Ternyata Ubur-ubur Membutuhkan Tidur
2. Fido, Anjing yang Menunggu Majikannya Selama 14 Tahun