Monday, February 5, 2018

Fido, Anjing yang Menunggu Majikannya Selama 14 Tahun



Banyak orang yang berpikir kalau yang mempopulerkan nama Fido untuk anjing peliharaannya adalah Abraham Lincoln. Padahal, masyarakat bangsa Romawi sudah lebih dulu memberikan nama Fido kepada anjing peliharaan mereka. Fido dalam bahasa latin mempunyai arti "saya setia", yang menunjukkan bahwa anjing adalah binatang yang setia. Dan berikut adalah kisah anjing yang sangat setia kepada majikannya.

Carlo Soriani, seorang buruh yang tinggal di Borgo San Lorenzo, kota kecil yang tidak jauh dari Florence, Italia, membawa pulang seekor anak anjing yang terluka saat dia hendak pulang dari perkerjaannya. Carlo memberi nama anjing itu Fido.

Tidak butuh waktu lama untuk Fido untuk dapat sembuh dan menjadi teman Carlo, kemanapun Carlo pergi, Fido pasti akan mengikutinya. Bahkan Fido mengikuti Carlo hingga ke halte bus tempat Carlo naik bus untuk pergi ke tempat kerjanya, dan Fido akan menunggu di halte tersebut. hingga Carlo pulang sore harinya. Setiap hari selama 2 tahun, Fido selalu menunggu Carlo di halte bus, hingga orang-orang kota pun tahu tentang persahabatan mereka.



Tetapi pada tanggal 30 Desember 1943, di saat perang dunia II sedang berlangsung, pihak Sekutu menghancurkan pabrik tempat Carlo bekerja, dan Carlo pun meninggal. Pada hari yang sama, Fido pun menunggu di halte bus tempat Carlo akan turun seperti biasa, tetapi Carlo tidak pernah turun dari bus lagi. Fido pun menunggu beberapa saat, sampai akhirnya dia memutuskan untuk pulang ke rumah.

Keesokan sorenya, Fido pergi ke halte bus untuk menunggu temannya kembali dari tempatnya bekerja, tetapi dia hanya mendapatkan kekecewaan karena Carlo pun tidak muncul. Tidak menyerah, besoknya Fido tetap pergi ke halte bus, dan besoknya lagi, selama 10 tahun, berharap dia bisa bertemu dengan Carlo lagi. Fido menunggu kepulangan Carlo setiap sore selama 14 tahun.

Penduduk mengetahui cerita persahabatan Carlo dan Fido, bahkan koran nasional Italia yang bernama La Nazione membuat artikel tentang Fido. Tidak hanya di seluruh Italia, kisah ini menyebar luas hingga ke seluruh daratan Eropa. Akhirnya, pada tahun 1957, pemerintah kota Borgo membuat sebuah patung untuk menghormati Fido, tetapi tidak lama dihancurkan oleh orang-orang berandal.



Akhirnya pemerintah kota membuat ulang patung Fido yang terbuat dari perunggu, yang bisa kita lihat hingga sekarang. Pada tahun 1957, Fido dianugerahi sebuah medali dari pemerintah, karena loyalitasnya. Hingga pada akhirnya pada musim panas tahun 1958, Fido meninggal, dan dikuburkan di sebelah makam dimana Carlo dikubur. Akhirnya Fido dapat bersama dengan temannya lagi.




Baca juga :
1. Golden Eagle yang Menawan
2. Tanaman-tanaman Sedatif di Dunia