Sunday, February 25, 2018

Laki-laki yang Buang Air Besar 1 Bulan Sekali



Seorang laki-laki yang tidak diketahui namanya, menderita suatu kondisi langka yang bernama congenital aganglionic megacolon, atau penyakit Hirschsprung, yang membuat ia hanya bisa buang air besar 1 kali dalam 1 bulan.

Hal ini terjadi karena sel-sel saraf di dalam usus besar tidak tumbuh dengan baik, sehingga menyulitkan proses perpindahan.

Laki-laki ini lahir dalam keadaan normal, hanya dengan perut yang besar, hingga usia 1,5 tahun keadaan bertambah buruk. Ia tumbuh dengan mengalami sembelit parah yang membuat perutnya membengkak.



Pada usia 16 tahun, remaja ini hanya buang air besar satu kali dalam sebulan. Meskipun dokter mengetahui penyakitnya, tetapi operasi adalah tindakan yang sangat membahayakan, mengingat bahwa hal ini terjadi pada tahun 1890-an.

Bukannya mendapat pertolongan, pada usia 20 tahun, laki-laki ini berakhir di museum sebagai "artis" dengan sebutan "Wind Bag" atau "Balloon Man". Orang-orang akan membayar untuk datang dan melihat perutnya yang membengkak tersebut.

Akhirnya, ia meninggal pada usia 29 tahun. Ia ditemukan tewas di kamar mandi, dimana ia mencoba untuk pergi ke toilet. Setelah kematiannya, ahli bedah mengangkat usus besar yang ternyata mengandung 18kg kotoran. Bahkan, usus besarnya mempunyai diameter sebesar 76cm.



Sekarang, ususnya dipajang di Mutter Museum, Philadelphia, Amerika Serikat.




Baca juga :
1. Jamur Terbesar Di Dunia
2. Reruntuhan Di Atas Karang yang Membuat Ilmuwan Kebingungan