Thursday, February 1, 2018

Misteri Mata Gurun Sahara



Disebut dengan The Eye of Sahara, tempat ini merupakan salah satu tempat yang misterius di dunia. Berada di barat daya Gurun Sahara, Mauritania. Di Gurun Sahara ini terdapat lingkaran yang sangat besar, yang mempunyai bentuk seperti mata. Saking besarnya, lingkaran ini dapat dilihat dari luar angkasa.

Adanya mata berwarna biru pada gurun ini telah membingungkan ilmuwan sejak pertama kali para astronot melihatnya melalui pesawat ulang-alik. The Richat Structure, begitulah orang menyebut tempat misterius yang membentuk sebuah mata yang sangat besar yang dikelilingi oleh cincin yang berukuran lebih dari 50 kilometer.


Bagian yang terbentuk dari sedimen batuan cadas, yang mirip bagian putih dari mata, merupakan suatu daratan yang berada sekitar 200 meter di atas gunung pasir. The Richat Structure yang berhubungan dengan iris terletak pada suatu daerah rendah, sedangkan puncak bagian terluar terletak 485 meter dari permukaan laut.

Diduga, The Richat Structure terbentuk dari bebatuan yang berasal dari zaman Paleozoic, dan berusia 600 juta tahun. Di bagian tengah, batuan ini tahan dengan erosi, mempunyai warna ungu atau hijau kebiruan, dan membentuk punggung bukit setinggi 100 meter.


Sebelumnya, diperkirakan bahwa The Richat Structure terbentuk karena tabrakan meteor atau aktivitas gunung berapi. Tetapi survei lapangan menunjukkan bahwa hal itu tidak benar. Perkiraan saat ini adalah bahwa tempat ini terbentuk oleh pengangkatan tanah dan erosi yang terus menerus. Tetapi bentuk struktur yang melingkar masih merupakan misteri yang belum terpecahkan.

Anda juga bisa melihatnya dari Goole Maps, dengan koordinat 21.124217, -11.395569




Baca juga :
1. Menjalani 1000 Tahun Penjara dalam 8 Jam
2. Atlantic Road yang Menghubungkan Pulau-pulau Norwegia