Sunday, February 25, 2018

Orang yang Tidak Pernah Lupa



Rebecca Sharrock, wanita berumur 27 tahun yang berasal dari Brisbane, Australia, menjadi salah satu dari sekitar 80 orang yang ada di dunia yang mempunyai kondisi langka yang bernama Highly Superior Autobiographical Memory (HSAM).

Kondisi yang langka ini memberikan kemampuan kepada Rebecca untuk dapat mengingat kembali semua kejadian yang ia alami. Tidak hanya itu saja, HSAM juga memberikan kemampuan untuk dapat mempertahankan semua informasi yang ada, jadi ia dapat menceritakan kembali dengan sangat jelas.

Kondisi ini tidak sepenuhnya baik, karena orang yang mengalami HSAM juga dapat mengingat dengan jelas kenangan buruk yang pernah terjadi selama hidupnya, dan hal ini membuat banyak orang yang mempunyai HSAM mengalami depresi.

Mungkin anda berpikir kalau mengingat pengalaman saat anda baru dilahirkan adalah hal yang tidak mungkin. Tetapi Rebecca dapat menuliskan kenangannya pada saat ia berusia 12 hari, di dalam blog yang ia buat.

"Pada saat aku masih sangat kecil, aku penasaran seperti apa penutup jok dan setir kemudi yang ada di atas saya. Meskipun pada usia tersebut saya tidak bisa melakukan apa-apa" kata Rebecca

Untuk lebih mengetahui kondisinya, Rebecca mengambil dua studi tentang memori dengan ilmuwan di Amerika dan Australia. Dia berharap hal ini dapat membantu orang-orang dengan masalah ingatan, khususnya demensia (kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain.).

Rebecca bukan hanya satu-satunya orang yang mengalami HSAM. Diketahui, ada sekitar 80 orang di dunia yang mengalami hal ini, contohnya adalah Alexandra Wolff, yang mengklaim kalau HSAM terasa seperti "perjalanan waktu"




Baca juga :
1. Aksen Wanita Ini Berubah Dalam Semalam
2. Jamur Terbesar Di Dunia