Monday, February 19, 2018

Socotra, Pulau Alien yang Menakjubkan



Socotra adalah sebuah pulau yang berada di Yaman. Terletak di Samudra Hindia, sekitar 250km dari Somalia dan 340km dari Yaman. Lingkungan yang keras ini mencakup pantai berpasir, gua batu kapur, dan pegunungan yang menjulang tinggi. Pulau ini mempunyai cuaca yang panas dan kering, sehingga mempengaruhi tampilan tanamannya.


Sama seperti Kepulauan Galapagos yang terkenal dengan keragaman satwa liarnya, Socotra adalah rumah bagi sekitar 800 spesies flora dan fauna langka, yang sepertiganya tidak ditemukan di tempat lain di planet ini. Bahhkan para ahli botani mengatakan bahwa 10 di antaranya masuk kategori terancam punah.



Yang membuat pulau ini sangat menarik adalah pemandangannya yang seperti film science-fiction di dunia lain atau dunia yang hilang, karena pulau ini telah berpisah dari pulau utama Afrika sekitar 6 hingga 7 juta tahun lalu.

Dragon's blood trees (Dracaena cinnabari)adalah tumbuhan yang paling terkenal disini, dengan daun yang tumbuh tinggi di batang pohon, dan cabang-cabang yang tak berujung. Tumbuhan ini seperti payung yang padat dengan batang yang sangat besar. Nama dragon's blood dinamakan dari sihir abad pertengahan, karena resinnya yang berwarna merah tua yang bisa digunakan sebagai obat-obatan, kosmetik, dan pewarna.



Tidak hanya dragon's blood tree, tanaman unik lainnya yang ada di pulau ini adalah The Desert Rose, atau Kudu. Mempunyai batang yang sangat besar, dan terdapat beberapa ranting yang kecil di ujungnya.



Para ilmuwan memperkirakan bahwa tumbuhan yang ada di tempat ini melakukan evolusi untuk dapat beradaptasi di lingkungan yang ekstrim ini, bahkan beberapa tumbuhan melakukan adaptasi sejak 20 juta tahun yang lalu.

Walaupun Pulau Socotra mempunyai cuaca yang panas dan kering, diperkirakan sekitar 50.000 orang hidup di pulau ini. Pulau ini pun mempunyai bandara yang dibuka pada tahun 1999, tetapi orang-orang tidak disarankan untuk pergi ke tempat ini karena perang sipil di Yaman.




Baca juga :
1. Batu yang Berbunga
2. Bilangan Prima Terbesar Ditemukan