Monday, February 19, 2018

Tanaman yang Bertahan Hingga 3000 Tahun



Yareta (Azorella compacta), atau dikenal dengan sebutan "Llareta" dalam bahasa Spanyol, adalah tanaman berbunga yang masuk dalam keluarga Apiaceae. Tumbuh di ketinggian antara 3.200 hingga 4.500 meter di atas permukaan laut, di mana angin bertiup tidak berhenti.

Tumbuhan ini dapat ditemukan di padang rumput yang dingin dan kering, di sekitar wilayah dataran tinggi Andes, dan juga ditemukan di Peru, Bolivia, Chile, dan Argentina.


Yareta memiliki bentuk seperti batuan berwarna hijau, yang jika dilihat sekilas seperti batu yang ditumbuhi oleh lumut. Tetapi sebenarnya mereka adalah tanaman kecil yang hidup dalam koloni. Yareta tumbuh di dalam kondisi cuaca yang ekstrim, yang membuat tumbuhan ini beradaptasi menjadi tanaman yang mempunyai bentuk sangat padat sehingga batangnya dapat menahan berat manusia.

Tanaman ini juga tumbuh dengan jarak yang sangat dekat dengan tanah, hal ini berguna untuk mempertahankan suhu panas di dalam pohon, dan juga membantu melawan angin kencang yang bertiup tanpa henti yang dapat menghancurkan akar tanaman apapun. Untuk mencegah hilangnya kelembaban melalui penguapan, tanaman ini memiliki daun lilin tertutup.

Pertumbuhannya yang sangat lambat, hanya 1,5cm per tahun juga merupakan salah satu cara bertahan hidup di pegunungan Andes yang sangat tidak bersahabat ini. Karena segala cara bertahan hidupnya, tanaman ini dapat hidup selama 3.000 tahun !



Menurut penduduk lokal, Yareta dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan rematik, darah tinggi, dan juga diabetes. Tetapi saat ini, Yareta sudah tidak bisa diambil, karena sudah terancam punah. Pemerintah setempat pun mengeluarkan larangan untuk mengambil tanaman ini.



Baca juga :
1. Madu yang Membuat Halusinasi
2. Batu yang Berbunga