Wednesday, March 14, 2018

Obat Kanker Yang Mengembalikan Warna Rambut



Terapi kanker diketahui mengakibatkan rambut pasien akan rontok, tetapi ada beberapa obat kanker baru yang mempunyai efek yang sama sekali berbeda, obat ini mengembalikan pigmen di orang yang mempunyai rambut berwarna abu-abu.

Para peneliti dari Spanyol yang bernama Keytruda, Opdivo, dan Tecentriq, meneliti obat kanker baru. Setelah menggunakan obat tersebut, 14 dari 52 pasien yang terlibat dalam penelitian mengalami perubahan yang tidak biasa, terlihat rambut abu-abu mereka menjadi coklat atau hitam kembali.

Dr. Noelia Rivera, seorang dermatolog dari Autonomous University, Barcelona, mengatakan bahwa tes pertama melaporkan perubahan warna rambut, tetapi ia dan rekan-rekannya menganggap itu hanya kasus yang terisolasi. Tetapi kemudian mereka memeriksa foto pasien lain sebelum tes, dan memperlihatkan hasil yang sama.

Studi tersebut juga menemukan bahwa dari 14 kasus ini, 1 pasien merespon pengobatan ini lebih baik dibandingkan pasien lainnya, yang menunjukkan bahwa pemulihan pigmen pada rambut mungkin merupakan indikasi bahwa obat tersebut bekerja.

Dokter belum memiliki penjelasan untuk perubahan warna rambut, namun berencana untuk mempelajari hal ini lebih baik lagi, dan ingin melihat apakah kasus ini merupakan kebetulan sederhana atau tidak.

Yang menarik, obat-obatan ini sebelumnya dikaitkan dengan rambut rontok pada pasien yang menderita melanoma (kanker kulit). Pasien yang terlibat dalam penelitian ini, yang mendapatkan kembali warna rambut mereka, menderita kanker paru-paru.

Dr. Noelia memperingatkan orang-orang untuk tidak mencoba obat kanker baru ini hanya untuk mengatasi efek penuaan pada rambut, karena juga memiliki efek samping yang jauh lebih menyakitkan. Jika sifat perubahan warna rambut obat sudah dikonfirmasi, pengobatan baru yang khusus untuk tujuan ini dapat dikembangkan di masa depan.



Baca juga :
1. Obat Tetes Mata Yang Dapat Memperbaiki Kornea
2. Daging Daur Ulang Yang Dijual Kembali