Thursday, March 22, 2018

Pantai yang Muncul Kembali Setelah 12 Tahun



Para penduduk Pulau Achill melakukan perayaan, karena kembalinya Pantai Teluk Ashleam yang menghilang sejak tahun 2005. Mereka sangat senang karena pantai ini merupakan harapan mereka untuk menjalankan berbagai bisnis mereka.

Menurut Sean Molloy dari Achill Tourism, badai membawa batu-batuan besar sehingga menutupi menutupi pesisir sehingga pantai Teluk Ashleam menghilang. Tetapi, Badai Brian pada musim panas lalu mengganti semua batuan dan puing-puing yang ada menjadi lapisan pasir yang tebal.

Legenda setempat mengatakan bahwa pantai di Ashleam Bay akan kembali setiap 7 tahun sekali, tetapi kali ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, yaitu sekitar 12 tahun. Hal ini membuat banyak orang yang mengeluh.

"Ada cerita rakyat lokal yang dari ratusan tahun lalu bahwa pantai ini akan kembali setiap 7 tahun sekali, dan kemudian menghilang lagi. Pantai yang terakhir terlihat pada tahun 2005, dan tetap ada selama beberapa bulan sebelum disapu bersih kembali" kata Sean Molloy.

Dapat anda bayangkan, semua orang di Pulau Achill sangat senang karena memiliki pantai kembali, walaupun tidak ada yang tahu pasti berapa lama pantai itu akan ada. Para warga setempat ingin mengabadikan momen ini sebelum Pantai Teluk Ashleam menghilang kembali.



"Saya pernah berkunjung ke pantai ini, tetapi ini adalah kali pertama saya berada di bagian pantainya. Meskipun saya telah berada disini seumur hidup, saya tidak bisa melupakan betapa cantiknya pantai ini. Ini adalah tempat yang menakjubkan, dan menjadi tempat favorit saya sekarang" Molloy menambahkan.

Beberapa orang mengaitkan fenomena ini dengan perubahan iklim, tetapi sepertinya ini bukanlah alasan yang tepat. Dr. Kevin Lynch, seorang ahli geografi di NUI Galway mengatakan kepada Irish Times bahwa kejadian ini adalah hasil hidrodinamika dan ketersediaan sedimen, dan studi telah mengesampingkan alasan dampak perubahan iklim.

Dr. Kevin juga mengatakan bahwa pantai yang menghilang bukan saja pantai Teluk Ashleam, tetapi ada 1 pantai lagi yaitu pantai yang berada di Doonagh, sekitar 10km dari Pantai Ashleam. "Pada kasus pantai di Doonagh, arah angin mengubah hidrodinamika di teluk. Hal ini mungkin serupa dengan Ashleam, dan bisa juga erosi di salah satu bagian pantai telah menyediakan pasokan sedimen baru" tambahnya.

Terlepas dari apa lasannya, pantai yang menghilang dan kemudian muncul kembali adalah bagian dari alam yang sangat mempesona



Baca juga :
1. Gadis Ini Mengeluarkan Semut Dari Matanya
2. Robin hood Modern Dari Brazil