Wednesday, March 7, 2018

Sarang Burung Yang Dapat Merobohkan Pohon




Jika sebagian besar burung membuat sarang yang kecil, hanya untuk dirinya dan keluarganya sendiri, hal yang berbeda dilakukan dengan spesies burung yang satu ini.

Burung yang bernama Philetairus socius, atau The Social Weavers membuat sarang yang begitu besar hingga dapat meruntuhkan pohon besar. Sarang burung ini dapat memiliki berat hingga 1 ton, dengan lebar 20 kaki dan tinggi 10 kaki.

Sarang burung ini dapat memuat ratusan sarang burung The Social Weavers. Generasi demi generasi saling memperbaharui dan menggunakan sarang yang sudah tidak dipakai, dengan waktu lebih dari 1 abad.

Sarang ini terbuat dari beberapa material, dimulai dengan ranting, kemudian dilapisi dengan rumput dan bulu. Lalu mereka membuat pintu masuk sepanjang 10 inci dan lebar 1 inci untuk mencegah ular masuk. Sarang yang seperti apartemen ini mempunyai banyak kamar, yang tiap kamarnya dapat dihuni oleh 3 hingga 4 burung.



"Dengan suhu udara di luar berkisar antara -1 hingga 2 derajat Celcius pada malam hari, di dalam sarang ini mempunyai suhu 20-24 derajat Celcius. Jadi sarang tersebut mempunyai keuntungan yang sangat baik untuk burung-burung tersebut" kata Gavin Leighton, seorang peneliti dari University of Miami.

Tidak hanya suhu yang hangat, sarang seperti ini juga melindungi para burung dari sinar matahari secara langsung, hujan, dan kekeringan. Karena kebanyakan burung memerlukan banyak air untuk menghilangkan panas di dalam tubuh mereka. Burung The Social Weavers dapat masuk ke dalam sarang mereka yang sejuk untuk menghemat air yang dibutuhkan.

Keunggulan lainnya adalah, sarang ini dapat menjauhkan para burung dari predator, karena pintu masuk sarang ini dibuat di bawah.  Predator seperti elang, atau burung pemakan bangkai yang tidak bisa masuk, akan menunggu di atas sarang.

Walaupun sarang tersebut sangat kuat, tetapi kadang The Social Weavers dapat dimangsa oleh para predator. Tidak hanya itu saja, The Social Weavers dapat mengalami nasib sial, walaupun beberapa sarang dapat bertahan selama lebih dari ratusan tahun, kadang sarang The Social Weavers dapat jatuh karena terlalu berat, atau karena terkena air yang hebat pada musim hujan.




Baca juga :
1. Pohon Yang Membantu Orang Mendapatkan Jodoh
2. Keluarga Yang Tidak Merasakan Sakit