Sunday, March 4, 2018

Keluarga Yang Tidak Merasakan Sakit



Sebuah keluarga di Italia menderita kondisi yang membuat mereka hampir kebal dengan segala jenis rasa sakit. Kondisi ini sangat langka, dan para peneliti menamakannya dengan "The Marsili Syndrome", yang diambil dari nama keluarga tersebut.

Letizia Marsili, 52 tahun, mengetahui kekebalannya terhadap rasa sakit di saat dia masih kecil, ketika ia tidak merasakan apa-apa saat mengalami luka bakar atau patah tulang. Bahkan 5 anggota keluarganya di 3 generasi mempunyai sindrom yang sama juga. Di saat orang-orang membutuhkan anestesi atau penghilang rasa sakit, mereka tidak memerlukannya sama sekali.

Akhirnya mereka memutuskan untuk berfokus dalam penelitian tentang keunikan mereka, berharap untuk mengetahui bagaimana hal ini dapat terjadi, dengan harapan untuk mengembangkan cara baru untuk mengobati rasa sakit.

"Saya menjalani hidup dengan normal, hidup saya lebih baik dari orang lain karena saya jarang terkena penyakit, dan juga susah untuk merasakan sakit. Saya merasakan sakit, tetapi itu hanya berlangsung selama beberapa detik saja." kata Letizia kepada BBC.

Walaupun banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita tidak merasakan sakit, hal ini juga dapat berbahaya. Karena rasa sakit adalah sinyal yang sangat penting bagi tubuh kita jika tubuh kita sedang di dalam kondisi yang tidak baik.

Letizia bercerita kalau anaknya, Bernardo pernah mengalami patah tulang karena terjatuh dari sepeda, tetapi dia tidak merasakan apa-apa. Kemudian anaknya tetap bersepeda sejauh 14 km seperti tidak terjadi apapun.

Seorang dosen yang bernama James Cox dari University Collage London mengatakan bahwa keluarga Marsili mempunyai sistem saraf yang normal, tetapi tidak berfungsi dengan baik. "Kita mencoba untuk mencari tahu bagaimana mereka tidak dapat merasakan sakit, dan jika kita sudah mengetahuinya, ini akan menjadi penemuan yang sangat besar" kata James Cox.




Baca juga :
1. Sebuah Keluarga Di Rusia Terkejut Mengetahui Anaknya Masih Hidup
2. Tumbuhan Yang Menyala