Saturday, March 3, 2018

Tato Tertua Di Dunia Ditemukan



Ilmuwan baru saja menemukan tato yang diduga sebgai tato tertua di dunia. Tato ini terdapat pada mumi yang berasal dari Mesir kuno, yang saat ini sudah disimpan di British Museum selama 100 tahun.

Pada awalnya, orang-orang mengira kalau noda hitam yang ada di lengan mumi ini merupakan sebuah bekas luka biasa. Tetapi saat diperiksa dengan sinar infra merah, ternyata noda hitam tersebut merupakan gambar hewan banteng liar dan sesosok makhluk seperti kambing Afrika.

Para peneliti menduga kalau tato tersebut melambangkan kekuatan sekaligus status kejantanan pria. Karena masyarakat kuno di beberapa daerah menganggap bahwa banteng dan kambing sebagai lambang kejantanan, kesuburan, dan kepemimpinan.

Sosok banteng yang tergambar di tato tersebut dipercaya sebagai gambaran banteng yang telah punah. Banteng yang dinamakan auchor oleh masyarakat Mesir kuno ini sering dijadikan lambang dalam ritual pemujaan.

Sementara gambar lainnya, yaitu kambing Afrika, dianggap mempunyai kesan maskulin secara seksual, dan kemungkinan diasosiasikan sebagai simbol kejantanan.

Menurut perkiraan peneliti, tato tersebut sudah berumur sekitar 5.200 tahun. Dibuat dari pewarna alami, yaitu jelaga yang dicampur dengan kapur sirih agar warnanya menyerap ke lapisan pigmen kulit.

"Temuan ini akan menjadi penanda penting untuk mengetahui lebih jauh tentang tradisi masyarakat Mesir kuno yang belum terungkap" kata Steven Alderoe, akademisi yang terlibat dalam penelitan ini.




Baca juga :
1. Laki-laki Yang Buang Air Besar 1 Bulan Sekali
2. Sebuah Keluarga Di Rusia Terkejut Mengetahui Anaknya Masih Hidup