Saturday, March 17, 2018

Tembok Besar India



Kita semua tahu bahwa tembok yang paling besar di dunia adalah The Great Wall dari Cina. Tembok Cina merupakan dinding dengan segudang cerita mistis dan historis. Banyak tahanan di Cina pada masa lalu yang dikirim ke Tembok Cina untuk menjalani hukuman mereka.

Tetapi bagaimana dengan tembok terbesar nomor 2 di dunia ? Banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Kumbhalgarh adalah situs yang terletak di antara 13 gunung yang menjulang tinggi di bagian barat India. Lebih tepatnya, dapat ditemukan di negara bagian Rajasthan, kira-kira 50 mil dari kota Udaipur.



Ditemukan di antara puncak gunung, Benteng Kumbhalgarh adalah karya yang sangat megah yang dibangun di abad ke 15, oleh Rana Kumbha. Situs ini juga dianggap sebagai tempat kelahiran salah satu penguasa dan pejuang Mewar terbesar yang dikenal dengan nama Maharana Pratap.

Namun, daerah ini dianggap memiliki kepentingan strategis yang tinggi jauh sebelum Dinasti Kumbha menjadi terkenal. Benteng pertama yang menempati tempat ini Kumbhalgarh dibangun pada abad ke 6. Saat itu, Raja Samprati dari Zaman Maura yang membangunnya.

Mayoritas sejarawan menganggapnya sebagai penguasa yang cinta damai, dan seorang raja yang sangat berani. Dia berhasil mendirikan beberapa pusat Jain di berbagai negara Arab, termasuk Iran.

Tidak jelas apa yang terjadi di wilayah tersebut sampai awal abad ke 14. Pada saat itu, Alauddin Khijiilah yang menduduki daerah tersebut. Dia adalah salah satu penguasa Muslim terbesar hingga saat ini, menyebarkan agama di benua India dan memperoleh wilayah selatan.



Kumbhalgarh, dibangun oleh dinasi Kumbha, yang akhirnya membawa kemakmuran dan kemajuan di wilayah tersebut. Berbeda dengan Tembok Cina yang membutuhkan waktu lebih dari 1.800 tahun untuk selesai, Tembok Kumbhalgarh atau sering disebut dengan Tembok Besar India hanya membutuhkan kurang dari 1 abad untuk selesai.

Dinding yang membentang lebih dari 22 mil, sedangkan lebarnya bervariasi dari 15 hingga 25 kaki, yang masih cukup untuk menampung 8 ekor kuda di atasnya secara berdampingan. Selain itu juga Benteng Kumbhalgarh juga menjadikan benteng kedua  yang paling penting di daerah ini, benteng yang paling penting merupakan benteng Chittorgarh.



Baca juga :
1. Gadis Ini Mengeluarkan Semut Dari Matanya
2. Obat Kanker Yang Mengembalikan Warna Rambut