Monday, April 2, 2018

Jejak Kaki Tertua di Amerika Utara



Menurut bukti yang baru ditemukan oleh para peneliti, manusia berjalan ke benua Amerika Utara sekitar 13.000 tahun lalu. Hal ini didukung oleh bukti jejak kaki 2 orang dewasa dan seorang anak kecil yang mereka temukan di Kanada.

Penemuan ini mendukung klaim bahwa orang-orang paling awal melakukan migrasi ke Benua Amerika bagian utara berasal dari Asia, melalui rute yang saat itu terbebas dari es. Kemudian mereka melakukan perjalanan di sepanjang pantai untuk hingga tiba di tempat yang saat ini bernama Kolombia.

Jejak yang pertama ditemukan ini bersembunyi di tanah liat, sekitar 2 kaki di bawah permukaan tanah di pantai Pulau Calvert, pada tahun 2013, kira-kira berjarak 60 mil dari Pulau Vancouver. Lalu peneliti melanjutkan eksplorasi di tempat yang sama selama 2 tahun.

Akhirnya mereka mendapatkan hasil, lebih banyak jejak kaki ditemukan. Cetakannya memiliki ukuran yang berbeda, dan menunjuk ke berbagai arah. Sebagian besar ditemukan dari kaki kanan, jari kaki, dan tanpa alas kaki, lengkungan, dan tumit yang jelas. Yang berarti ini bukan jejak yang ditinggalkan oleh beruang atau hewan lain.

Para ahli menjelaskan bahwa jejak kaki ini dapat bertahan mungkin karena mengering dengan cepat di media tanah liat yang sangat basah, kemudian terkubur oleh pasir yang dibawa oleh air pasang. Daerah sekitar yang menjadi tempat di mana sidik jari terungkap, saat ini dipenuhni oleh rawa dan hutan, yang membuat peneliti dapat mengakses ke daerah tersebut hanya dengan perahu.

Duncan Mclaren, pemimpin dari penelitian ini, yang merupakan ahli antropologi dari Victoria University mengatakan "mungkin pantai adalah salah satu sarana masuknya manusia ke Benua Amerika pada saat itu"

Kondisi geografis sangat berbeda dengan hari ini, permukaan laut pada 11.000 hingga 14.000 berbeda sekitar 10 kaki dari saat ini. Sayangnya, hanya jejak kaki yang dapat ditemukan di area tersebut.

Sejauh ini, situs tempat penemuan yang terkait dengan manusia prasejarah dan keberadaan mereka di benua Amerika, yang paling tua berada di negara bagian Washington, situs Manis Mastodon, Peninsula.

Di sana, para arkeolog menemukan tulang yang diukir menjadi senjata runcing, diyakini berumur 13.800 tahun.




Baca juga :
1. Laki-laki Yang Mendaftar Ke Universitas Khusus Wanita
2. Seorang Wanita Menghabiskan $19.000 Untuk Mengganti Ginjal Kucingnya