Monday, April 23, 2018

Menginfus Pohon, Mungkinkah ?




Dikenal sebagai “Pillalamarri” atau “Peerla Marri” adalah sebuah pohon Banyan yang berusia 700 tahun, yang terletak di Mahabubnagar, India. Pohon ini diketahui sebagai pohon terbesar kedua di dunia.

Sebagai pohon yang sangat besar dan rapuh, pohon ini mempunyai musuh utama, yaitu rayap. Rayap telah meruntuhkan beberapa cabang terbesarnya.

Pihak berwenang yang putus asa untuk menemukan cara untuk menyelamatkan salah satu tempat wisata terbesar di Mahabubnagar ini akhirnya menutup akses publik ke pohon besar tersebut pada awal bulan Desember lalu.

Pertama-tama, para ahli mencoba untuk menyemprotkan pestisida Chlorpyrifos melalui lubang-lubang yang ada di pohon, tetapi rencana ini tidak berjalan dengan baik. Jadi mereka mengganti dengan infus, dan menggantung beberapa botol infus berisi Chlorpyrifos ke pohon, dan itu terbukti jauh lebih efektif.

"Kami mengencerkan bahan kimia Chlorpyrifos dan mulai memasukkannya melalui batang dengan cara membuat lubang-lubang, tetapi itu tidak berhasil. Kemudian kami mulai menyuntikkan larutan seperti saline. Dan proses ini ternyata efektif. kata Petugas Hutan Distrik Mahabubnagar, Chukka Ganga Reddy kepada Times of India.



Ranting-ranting pohon tersebut menyerap larutan ini dalam 10 hingga 14 jam, dan dengan cara ini, pestisida menyebar ke seluruh cabang. Karena pohon besar ini mempunyai beberapa batang, Chlorpyrifos yang diencerkan diberikan ke batang yang berbeda secara bergiliran.

Foto-foto pasien yang tidak biasa yang terhubung dengan ratusan infus botol tetes ini telah ramai di media sosial. Orang-orang terkejut bahwa pengobatan intravena dapat dilakukan untuk pohon.

"Kesehatan pohon ini sekarang sudah stabil. Kami berharap akan normal dalam beberapa hari. Kami juga berencana untuk membuka situs ini kembali, setelah berdiskusi dengan pejabat yang lebih tinggi. Tetapi untuk saat ini, orang-orang harus melihatnya dari jarak jauh" kata Chukka Ganga Reddy.

Kerusakan karena rayap pada pohon Banyan yang berusia berabad-abad ini sangat luas, sehingga pihak berwenang sudah memasang struktur pendukung di beberapa cabang terbesarnya agar tidak runtuh. Tetapi pada titik ini, mereka hanya mencoba untuk membuatnya tetap hidup.




Baca juga :
1. Seorang Pria Mengklaim Menjadi Manusia Super Karena Hanya Memakan Buah Selama 8 Tahun
2. Amfibi Di Ambang Kepunahan