Wednesday, April 25, 2018

Pedang Di Bawah Mata Stonefish



Stonefish, adalah salah satu ikan yang paling berbahaya di dunia. Mereka mempunyai bisa dan sejumlah duri tajam di tubuh mereka. Ikan ini dapat menghindar dan menyerang di saat yang bersamaan.

Tidak itu saja, penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mereka mempunyai senjata lain. Stonefish mempunyai tulang yang mirip dengan pedang di bawah tiap rongga matanya. Para peneliti menyebut tulang tersebut sebagai "lachrymal saber".

"Saya tidak tahu mengapa hal ini belum pernah ditemukan sebelumnya"kata William Leo Smith, dari Universitas Kansas. "Mungkin karena hanya ada satu atau dua orang yang pernah bekerja di grup ini" lanjutnya.

Stonefish juga mempunyai sejumlah otot dan tulang, termasuk circumorbitals, maxxila, dan adductor mandibulae, yang membuat mereka mampu untuk mengontrol sistem berbahaya ini.

"Seluruh lekompok ikan ini disebut dengan 'mail cheek fishes' atau Scorpaeniformes, dimana tulang dibawah mata menempel pada tulang insang" kata William.

"Karena semua ototnya melekat pada kerangka insang, hal ini memungkinkan semua kekuatan yang akan menyebabkan "lachrymal saber" keluar" lanjutnya.

Ketika pedang itu keluar, itu terlihat seperti kumis yang mematikan, dengan tulang-tulangnya yang mengarah keluar secara horizontal, bukan lurus. Ketika dimasukkan kembali, tulang tersebut bergerak ke bawah wajah stonefish.

Para ilmuwan tahu bahwa 'lachrymal saber' mempunyai masa waktu sebelum terlepas, bukan seperti apa yang dikatakan William yang merupakan sebuah modifikasi untuk mengunci mangsanya.

William sendiri telah menemukan mekanisme aneh ini sekitar 15 tahun yang lalu, ketika membedah waspfish (Paracentropogon longispinis). Sejak itu, perjalanan panjang dilakukan untuk mengonfirmasi bagaimana mekanisme ini bekerja, dan mencari semua ikan yang berpotensial yang memilki mekanisme tersebut.

Berkat waktu yang telah dihabiskan, penelitan terbaru ini tidak hanya memamerkan pedang yang dimiliki stonefish, tetapi juga menunjukkan evolusi mekanisme pertahanan, dan memperbaharui definisi ikan batu (stonefish) dan memasukkan sejumlah ikan ke dalam kelompok stonefish.

Tim William dan Universitas Kansas menganalisis secara genetis 113 karakteristik morfologi dan 5.280 molekul untuk 63 spesies stonefish.

Tiap spesies stonefish yang telah saya periksa memiliki mekanisme "lachrymal saber", dan mendefinisikan kelompok ini sebagai mamalia karena memiliki kelanjar susu, tulis William di dalam emailnya ke ScienceAlert.

"Laporan ini secara dramatis merevisi definisi stonefish dan membuatnya menjadi kelompok dengan organisme yang jauh lebih besar. Kelompok ini sekarang termasuk ikan belut, ikan hiu, ikan prowfish, ikan pari, dan lainnya" lanjutnya.




Baca juga :
1. Siput Berwarna Pink
2. Menginfus Pohon, Mungkinkah ?