Monday, April 16, 2018

Robot AI Pertama Yang Mendaftar Sebagai Walikota



Kita telah mendengar perkembangan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang mengambil pekerjaan manusia, tetapi saya yakin para Walikota tidak akan berpikir kalau pekerjaan mereka akan terancam dalam waktu dekat.

Artificial Intelligence secara legal tidak dapat menjalankan posisi administrasi publik berpangkat tinggi, tetapi salah satu calon Walikota di Kota Tama, Tokyo, bermaksud untuk menggunakan Artificial Intelligence menjadi Walikota.

Pada dasarnya, ia mengusulkan untuk mengganti pejabat publik manusia dengan Artificial Intelligence (AI) dan meminta mereka untuk mengumpulkan data kota dan menciptakan kebijakan yang adil dan seimbang yang akan menguntungkan semua orang.

"Untuk pertama kalinya di dunia, AI akan mencalonkan diri dalam pemilihan Walikota" kata Michihito Matsuda. "Kecerdasan buatan akan mengubah Kota Tama. Dengan kelahiran seorang AI-Mayor, kita akan melakukan politik yang adil dan seimbang" lanjutnya.

Matsuda yang berusia 44 tahun pernah mencalonkan diri sebagai Walikota Kota Tama pada tahun 2014, tetapi kalah. Kali ini, ia hanya bertujuan untuk bertindak sebagai avatar untuk AI yang ia yakini dapat membuat keputusan yang lebih baik dari manusia. Belum lagi AI lebih tidak terpengaruh korupsi.

AI-Mayor mempunyai kampanye yang mirip dengan manusia. Poster-poster yang menunjukkan tentang pesan-pesan, dan kampanye futuristik yang terpampang di seluruh Kota Tama untuk meminta dukungan.

Beberapa orang menyebut AI ini hanya sebuah pengganti, karena manusia yang akan tetap bertanggung jawab secara hukum. Sementara beberapa orang lainnya bersemangat terhadap hal ini, mereka berpendapat bahwa AI memang menjadi alternatif yang lebih baik daripada manusia yang tidak kompeten dan korup.

Pemilihan Walikota Kota Tama akan sudah digelar pada tanggal 15 April kemarin, dan nampaknya peluang AI untuk dapat menang sangat kecil. Tetapi hal ini diharapkan menjadi wawasan kepada masyarakat tentang bagaimana pandangan Jepang terhadap keterlibatan AI dalam politik dan pemerintahan lokal.




Baca juga :
1. Hewan Yang Paling Terancam Punah Karena Pemanasan Global
2. Wanita Yang Tidak Memakai Sepatu Selama 3 Tahun