Tuesday, May 1, 2018

Lebih Dari Setengah Koleksi Lukisan Di Museum Ini Ternyata Palsu



Baru-baru ini, sebuah museum di Elne, Perancis Selatan, yang didedikasikan untuk karya-karya pelukis Etienne Terrus, mengalami bencana yang sangat hebat. Mereka menemukan bahwa setidaknya 82 dari 140 karya seni yang ada ternyata palsu.

Museum Terrus, telah membeli karya seni Etienne Terus selama 20 tahun, dengan menghabiskan uang sekitar 160.000 Euro (sekitar 2,7 Miliar Rupiah), tetapi kekhawatiran mereka tentang keaslian lukisan-lukisan tersebut baru saja muncul.

Sejarawan seni, Eric Forcada, yang dipercaya untuk mengawasi seluruh koleksi Terrus, di saat museum kecil tersebut direnovasi, memperhatikan bahwa beberapa bangunan yang digambarkan, dibangun setelah kematian sang seniman.

Tetapi bangunan-bangunan yang seharusnya tidak muncul dalam karya seni Terrus mengarahkan sejarawan ini ke penemuan yang tidak biasa.



Kecurigaan Eric dikonfirmasi oleh komite ahli yang memeriksa 140 karya seni dalam koleksi Terrus, dan menyimpulkan bahwa tidak kurang dari 82 di antaranya benar-benar palsu.

Yves Barniol, walikota Elne, menyatakan bahwa dirinya terkejut oleh penemuan itu, dan ia bersumpah untuk melakukan segala cara untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab, dan membawa mereka ke pengadilan.

"Etienne Terrus adalah pelukis dari Elne yang hebat. Ia adalah bagian dari komunitas, ia adalah pelukis kami" kata Yves. "Mengetahui bahwa orang-orang telah mengunjungi museum dan melihat koleksi yang palsu, itu adalah hal yang buruk. Itu adalah bencana bagi Elne. Tetapi kami tidak menyerah" lanjutnya.

Museum Elne diyakini sebagai korban pemalsuan karya seni yang mengkhususkan diri pada pelukis Catalan, tetapi sejauh ini museum telah menekan pihak berwenang untuk menemukan pelakunya.

Etienne Terrus lahir pada tahun 1857, dan meninggal pada tahun 1922 di Elne, meskipun ia menjalankan sebagian besar hidupnya di Roussilon. Etienne Terrus adalah seorang pelukis kontemporer.




Baca juga :
1. Pemain Skateboard Tunanetra
2. Kura-kura Berambut Hijau Ditambahkan Di Daftar Hewan Terancam Punah