Wednesday, May 2, 2018

Tower Radio Ini Menjadi Tempat Bertemunya Jutaan Kepik



Sebuah tower pemancar di dekat Gunung Burr, Australia Selatan, telah menarik jutaan kepik, dan tidak ada yang mengerti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pemandangan yang tidak biasa ini dilaporkan oleh seorang fotografer, Steve Chapple, yang memposting beberapa foto serta video di halaman Facebook nya. Steve mengatakan kepada ABC News Australia bahwa ia diberitahu oleh seorang teman tentang tempat tersebut.

Di menara tersebut, sekitar 7 tahun yang lalu, ribuan kepik berkumpul, dan jumlah mereka terus bertambah banyak. Tahun ini, tampaknya ada jutaan di tanah, dan di menara radio itu.



"Saya selalu tercengang dengan jumlahnya, tetapi tahun ini sangat fenomenal" kata Steve. "Mereka ada di sana sepanjang hari, mereka berkerumun di tengah hari, dan ketika gelap mereka akan kembali ke celah-celah pipa. Ini adalah kerumunan yang paling tebal yang pernah saya lihat." lanjutnya.

Sulit untuk mengatakan alasan mengapa banyak sekali kepik yang bertemu di tower radio di antah berantah. Profesor Universitas Adelaide, Andy Austin memiliki 2 teori.

"Dua alasan yang paling mungkin adalah mereka menggabungkan agregasi yang menarik kumbang ke suatu tempat, pada dasarnya untuk memudahkan menemukan pasangan. Dan alasan kedua adalah untuk perlindungan terhadap predator, terutama burung" kata Andy kepada ABC News.

Andy Austin tertarik untuk mengetahui apakah serangga kecil itu mengeluarkan aroma yang dapat dideteksi. Steve Chapple mengatakan bahwa ia tidak merasakan bau apa pun dari kepik hidup yang berkeliaran, tetapi ada bau yang datang dari jutaan kepik yang mati menutupi tanah.



"Mereka bergerombol cukup tebal, dan di lapisan bawahnya terdapat kepik yang sekarat" kata Steve.

Steve telah memberi tahu orang-orang tentang tempat ini, dan akhirnya tempat ini menjadi objek wisata yang populer. "Saya sudah memberi tahu begitu banyak orang tentang tempat ini selama beberapa tahun terakhir. Ketika saya pergi ke tempat tersebut untuk mengambil foto, sudah ada 7 atau 8 mobil di sana" kata Steve.

Jika anda berada di Australia Selatan, dan ingin melihat pemandangan ini, anda harus bergegas, karena seperti tahun-tahun sebelumnya, pertemuan kepik-kepik itu akan segera berahir.




Baca juga :
1. Peluit Kematian Suku Aztec
2. Pemain Skateboard Tunanetra