Sunday, July 8, 2018

Patung Kayu Tertua Di Dunia



Patung Shigir merupakan salah satu karya seni pra sejarah yang paling penting dan misterius dari Eropa kuno. Saat ini Patung Shigir berada di salah satu muesum di Rusia, diperkirakan telah berumur sekitar 11.000 tahun, membuatnya lebih tua 5.000 hingga 6.000 tahun dari Stonehenge di Inggris, dan dua kali lebih tua dari Piramida Mesir.

Tidak hanya merupakan patung kayu tertua di dunia, patung ini merupakan patung kayu paling tinggi dari dunia kuno, yang mempunyai tinggi sekitar setinggi bangunan dua lantai.



Terdapat tanda-tanda aneh dan simbol geometris yang diukir menggunakan gigi berang-berang. Beberapa peneliti percaya bahwa ukiran tersebut mengandung informasi tentang penciptaan dunia yang ditinggalkan oleh manusia era Mesolithic.

Patung Shigir ditemukan pada bulan Januari tahun 1890 di wilayah Sverdlovsk, Siberia. Patung ini diawetkan, seolah-olah berada di dalam kapsul waktu. Terkubur sekitar 4 meter di bawah permukaan tanah, dan dilindungi lapisan gambut di lokasi tambang emas yang melindunginya selama beberapa milenia.

Ketika ditemukan, Patung Shigir sudah tidak dalam satu kesatuan. Profesor Rusia, Dmitry Lobanov, menyatukang potongan-potongan patung tersebut untuk merekonstruksi sekitar 2,8 meter. Sayangnya, artefak tersebut hilang hampir 2 meter selama kekacauan politik di abad ke-20.

Namun, seorang arkeolog Siberia, Vladimir Tolmachev, mencatat semua potongan dengan cermat. Dan pada tahun 1914 ia mampu menggabungkan fragmen lainnya dan tinggi patung tersebut meningkat menjadi 5,3 meter.

Hari ini, Patung Shigir mempunyai tinggi 2,8m, meskipun awalnya 5,3m. Patung ini diukir dan dibentuk menggunakan rahang berang-berang. Berang-berang memiliki kemampuan untuk mengukir potong karena giginya sangat kuat dan tajam.

Orang-orang kuno memanfaatkan bagian rahang berang-berang dengan gigi yang masih utuh untuk menciptakan alat yang sangat berguna dan nyaman untuk mengukir sesuatu.

Menurut peneliti, ada tujuh wajah yang diwakili pada patung ini. Masing-masing 3 wajah di depan dan belakang, dan satu wajah yang menghubungkan kedua sisi. Peneliti percaya bahwa patung ini mencerminkan seperti apa penciptanya, dengan hidung lurus dan tulang pipi yang tinggi.



Para peneliti beranggapan bahwa simbol-simbol yang ada di patung ini tidak hanya bersifat dekoratif, tetapi mempunyai makna untuk sang pemahat. Mereka percaya bahwa kode yang ada di patung ini tentang pemahamman mereka tentang penciptaan dunia. Jika benar, maka Patung Shigir merupakan kode tertua di dunia.

"Ini adalah mahakarya. Ini adalah patung yang unik, tidak ada yang lain di dunia. Ornamen itu ditutupi dengan informasi yang tidak terenkripsi. Orang-orang membagikan pengetahuan dengan bantuan patung" kata Mikhail Zhilin, Profesor Arkeologi.


Menurut penanggalan melalui teknik radiokarbon, Patung Shigir dibuat sekitar 7.500 SM, yang membuatnya menjadi seni tertua dari jenisnya.

Pada tahun 2014, peneliti jerman memulai serangkaian tes menggunakan Accelerated Mass Spectrometry (AMS), untuk menentukan tanggal yang tepat dari patung tersebut dalam hitungan dekade.

Saat ini, Patung Shigir berada di Museum Sejarah Yekaterinburg di Rusia di dalam sakrofagus kaca khusus yang diisi dengan gas khusus.






Baca juga :
1. Wanita Ini Masih Hidup Setelah Disapu Ombak 1,5 Tahun Yang Lalu
2. Pulau Surtsey, Sebuah Pulau Yang Baru Berumur 50 Tahun